Senin, 10 Januari 2011

Pembajakan Memajukan Teknologi??

Perang antara metode proteksi dan pembajakan tampaknya masih akan berlangsung panjang. Beberapa pendapat mengatakan bahwa terdapat sisi positif pembajakan, terutama bagi negara miskin yang mayoritas masyarakatnya tidak mampu membeli software asli.

Pendapat lain juga berargumentasi bahwa pembajakan membuat software beserta produknya menjadi lebih dikenal luas.

Sedangkan bagi pihak antipembajakan, terus mengutuk dan mengupayakan berbagai cara untuk memberantas pembajakan, bahkan beberapa perusahaan dikabarkan membuat software Torrent palsu yang mengumpulkan alamat IP pengguna, sehingga dimungkinkan melakukan tindak pidana hukum.

Pro atau kontra pembajakan, tidak sepatutnya menjadikan teknologi sebagai kambing hitam, atau sebaliknya menjadikan teknologi sebagai dalih.

Tidaklah tepat jika dikatakan bahwa dengan dukungan software bajakan maka kita memajukan teknologi, ratusan software bajakan tidak akan ada gunanya jika kita tidak dapat mengambil manfaatnya. Sebaliknya sebuah software mahal apat memberikan hasil yang setimpal atau bahkan lebih dibandingkan biaya yang dikeluarkan jika kita memanfaatkannya sebaik mungkin.

Ada atau tidak ada software bajakan, bukanlah alasan untuk berhenti belajar dan berinovasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar